DETEKSI 2K8

SMA Sejahtera, Prigen, Pasuruan-Bharatayuda (3D)

Koruptor = Kurawa

Tim mading SMA Sejahtera, Prigen, berusaha mengangkat tema politik dalam balutan kisah dongeng. Mereka memilih kisah perang Bharatayuda sebagai latar belakang untuk membahas carut-marut dunia politik Indonesia. Dalam kisah Bharatayuda, yang bertikai adalah Pandawa melawan Kurawa. Pada mading tersebut, Pandawa diibaratkan sebagai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melawan kezaliman dan korupsi para anggota DPR yang digambarkan sebagai Kurawa.<!–more–>

Sesuai dengan latar belakang dari kisah pewayangan, mading itu dibuat megah dengan warna kuning keemasan. Bentuk dasarnya dibuat menyerupai singgasana para raja. Di bagian tengah mading, ada sejumlah gedung pemerintahan, seperti DPR dan Kejaksaan Agung, yang dipelesetkan sebagai sarang koruptor. Yang menjadi daya tarik utama karya tersebut adalah kereta kencana yang ditunggangi Arjuna si Det di bagian depan mading.

Di samping patung si Det yang menunggangi kereta, ada televisi mini beserta DVD player yang memutar alunan lagu Jawa. Dalam mading itu, ada artikel tentang 18 bab kisah perang Bharatayuda. “Lewat mading tersebut, kami mau ngingetin orang-orang yang suka korupsi supaya menghentikan kegiatan mereka. Percaya deh, yang zalim pasti kalah,” ucap Indawati, anggota tim mading SMA Sejahtera. (*)


Sumber : Jawa Pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: