297 USIA PASURUAN?

Nggak kebayang kalo Pasuruan sudah setua itu. Usianya saat ini telah mencapai 297 tahun. Tiga Tahun ke depan udah 3 abad lho!Sebenarnya, untuk menentukan hari jadi sebuah kota atau tempat nggak segampang seperti mengingat tahun kelahiranmu. Prosesnya panjang dan rumit. Perlu PANSUS segala. Mulanya, ada lebih dari sepuluh poin yang dibahas untuk menentukan hari jadi Pasuruan, lalu mengerucut jadi empat poin saja. Diantaranya, Pelantikan Darmoyudo I, Babad Untung Surapati, Babad Sidogiri serta Prasasti Sutji di Bulusari, Gempol.

Nama Untung Surapati tentu tak asing bagi kita. Namanya melegenda sebagai salah satu tokoh penentang kompeni di Batavia yang akhirnya merembet sampai Pasuruan. Konon, sempat pula sang pemuda Untung macarin Suzana, anak perwira Kompeni.

 

Babad Sidogiri berpijak pada kiprah Sayyid Sulaiman yang masih keturunan Walisongo karena merupakan cucu dari Syarif Hidayatullah Cirebon. Juga merupakan kakak Mbah Arif Segoropuro, Rejoso sekalian menantu dari Mbah Soleh Semandi Winongan. Yang perlu kamu tahu, nama-nama ini merupakan tokoh Pasuruan yang sekaligus penyebar agama Islam di Pasuruan. Bahkan,saat itu penyebaran Islam sangat ditentang oleh Belanda sehingga salah satu pengasuh PONPES Sidogiri Kiai Abdul Jalil, tewas tertembak.

 

Akhirnya ditetapkan, berdasarkan Babad Sidogiri, hari jadi Pasuruan adalah 20 September 1712, harinya Selasa Wage.

 

 

 

 

 

 

One response to this post.

  1. wah sudah tua ya
    oia pak, kenapa babadsidogiri dijadikan acuan? apakah di babadsidogiri itu di jelaskan kalao tanggal tersebut adalah pertama babat alas?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: