FENOMENA KECEPATAN CAHAYA

 Sampai detik ini pengetahuan manusia hanya mampu menyatakan kecepatan cahaya adalah terbesar di alam semesta. Besaran c = 3 x 108 m/s atau 300.000 km/sekon menunjukkan, jika kita menyalakan saklar listrik di Jakarta, maka dalam waktu 0,003 sekon, transmisi listrik di Surabaya akan menyala. Atau kalau kita naik pesawat dengan kecepatan cahaya, maka dalam satu detik jarak bisa bolak balik Jakarta Surabaya (1000 Km) sebanyak 150 kali. Bayangkan!!!

Jika Allah mampu menciptakan cahaya dengan kecepatan demikian besar, adalah hal yang mudah bagi Allah untuk menciptakan “sesuatu” yang kecepatannya melebihi kecepatan cahaya. Ini akan memudahkan bagi kita untuk menerima kenyataan bahwa di alam semesta ada kecepatan yang lebih besar dari kecepatan cahaya! Maka tidaklah heran jika jarak dan waktu – yang berhubungan erat dengan kecepatan- adalah besaran yang relatif. Tidak mutlak. Seperti yang dikatakan dalam postulat-postulat relativitas.

Jika menurut Allah waktu adalah sehari, tapi bagi kita bisa 1000 tahun!

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan itu naik kepada-Nya dalam satu hari yang kadarnya seribu tahun menurut perhitunganmu (QS: 32:5)

Lalu untuk apa sebenarnya pengetahuan tentang fenomena cahaya itu. Diantaranya, dengan memahami besarnya kecepatan cahaya ini, maka tidaklah sulit menerima kenyataaan bahwa Nabi Muhammad melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj hanya semalam,

Kecepatan yang fantastis, dan ini adalah sebuah fakta.  Bagi orang-orang beriman, fakta ini jelas menunjukkan betapa Maha Besar Allah yang menciptakan cahaya. Mengapa?  Karena manusia hanya menciptakan wahana yang mempunyai kecepatan maksimal 4 Mach (4 kali kecepatan suara) sekitar 1500 m/s. Jauh dari kecepatan cahaya. Itulah keterbatasan manusia!

One response to this post.

  1. memang demikian kecepatan cahaya sangat erat dengan isro’ mi’roj. subhanallah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: