Pendidikan Kab. Pasuruan Butuh LITBANG

LITBANG, kadang diplesetkan SuLIT berkemBANG, just kidding! Sesungguhnya, LITBANG atau Penelitian & Pengembangan sangat diperlukan oleh lembaga/ institusi atau perusahaan yang ingin terus mengembangkan SDM, kualitas, produk, manajemen, serta marketing. Tak terkecuali di institusi pendidikan yang setiap saat akan menjumpai tantangan, hambatan dan kendala-kendala, yang harus diselesaikan secara efektif dan efisien.

Ada satu hal yang perlu dicermati untuk pengembangan pendidikan di Kabupaten Pasuruan yang kadang terkesan lambat antisipasi dan koordinasi bahkan sampai ke hal-hal yang teknis. Ini tidak lain karena banyaknya persoalan-persoalan yang harus diselesaikan oleh staf yang jumlahnya demikian terbatas.

Solusinya, perlu adanya Tim LITBANG di Dinas Pendidikan (melanggar PP41 nggak yach?) yang berfungsi sebagai tim pengakses, pengolah, think thank , segala persoalan atau rencana pengembangan pendidikan di Kab. Pasuruan. Tentu saja, agar kinerjanya maksimal, Tim LITBANGĀ  haruslah diambil tenaga-tenaga yang expert di bidangnya dan bukan dari kalangan birokrat. Siapa, ya guru-guru senior, Kep Sek/ Wakasek, yang notabene sudah banyak pengalaman dan mampu memecahkan masalah di lapangan.

Contoh konkret,sering teman-teman mengeluh saat Lomba Bidang Studi, Lomba Olahraga atau kegiatan-kegiatan lain, sepertinya tidak disiapkan dengan cermat, sehingga banyak kendala muncul saat pelaksanaan. Juga objektifitas juri, validitas soal de el el sering dipertanyakan, karena independensi juri/ panitia masih dipertanyakan. Untuk itu, Tim Litbang bisa merencakana kegiatan jauh hari dengan harapan kegiatan bisa dilaksanakan dengan informasi yang tepat dan koordinasi yang pas.

Banyak hal lain yang juga memerlukan, di bidang pengembangan kurikulum, persiapan Ujian Nasional, pengembangan kesiswaan. Intinya, dengan adanya Tim Litbang yang betul-betul menguasai persoalan, independen, berdedikasi dan loyalitas, serta mempunyai akses yang luas, niscaya pendidikan di Pasuruan akan lebih maju. Bagaimana pendapat Anda?

10 responses to this post.

  1. Posted by almuslimsurabaya on 23 Maret 2009 at 5:02 am

    Wah, setuju..memang di tiap lembaga baik itu pendidikan ataupun tidak harus punya yang namnay divisi litbang. agar semakin maju dan terus berikembang..salut.salut..salam kenal pak..silahkan berkunjung ke almuslimsurabaya.wordpress.com
    firman

    Balas

  2. Posted by junus barathan on 24 Maret 2009 at 4:54 pm

    oke banget wong prigen, kayaknya perlu ditindak lanjuti
    ide ente, ok coy.

    Balas

  3. Posted by teguhhariawan on 25 Maret 2009 at 3:59 am

    Thnaks Pak Junus… kalo benar-benar terealisasi, saya usul Pak Junus jadi anggota Tim… he he he (salam dari Bu Aminah Pak)

    Balas

  4. Posted by imron65 on 27 Maret 2009 at 11:51 am

    pak gimana caranx naruh gambar di blog plis???
    kasih tau y pak (^_^)

    Balas

  5. Posted by jfpattinasarany on 27 Maret 2009 at 3:06 pm

    Ganti Theme ya pak ……hehehe…. mencari suasana baru ok deh + semangat baru + menatap hal hal yang baru

    Balas

  6. Posted by teguhhariawan on 28 Maret 2009 at 12:34 pm

    he he he…. sama donk..kan P Joe ganti juga he he he

    Balas

  7. lo kenapa mesti melanggar PP41 pak. memang isinya apaan pak? melanggar kan gapapa demi kemajuan dunia pendidikan *wajib setuju *rada maksa*.

    kalao komen mbok ya *bukan mbok Na maupun mbok Ja* pakai nick dan URL blog/web. biar pemilik blog yang dikunjungi atau orang lain bisa berkunjung dan kome balik. entuh yang komen diatas ndak ada yang nge-link ke blog masing2. pada minta dijewer apa hehehe.

    all blue.. web smastra biru, blog pak Teguh biru, blog saya juga biru. blue is the best de hehehe.

    Balas

  8. Posted by richie on 29 Maret 2009 at 11:22 pm

    he he he he PP 41 tentang nikah siri Ros… yg belum nikah gak boleh ikut2 huheueheue

    Balas

  9. Posted by Budhi Utomo on 27 Oktober 2009 at 3:17 pm

    Iya idealnya gitu dong but jer basuki mawa bea kan ! seberapa idealnya seorang pendidik thd apa yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya perlu dan perlu dikaji ulang he he he

    Balas

  10. Posted by Wonadi on 28 Maret 2012 at 7:38 am

    Memang seharusnya setiap instansi atau organisasi diperlukan LITBANG guna kemajuan instansi tersebut

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: