Misteri Segitiga (1)

Alam semesta selalu saja menyediakan fenomena menarik untuk ditelusuri. Salah satunya berhubungan dengan SEGITIGA. Anda kenal banyak istilah segitiga. Ada Segitiga siku-siku, samasisi, segitiga Pascal. Ada pula Segitiga Bermuda, tempat yang ditakuti para nahkoda kapal, lantaran sering terjadi kecelakaankapal  tanpa tahu penyebabnya. Adapula Triangle Connection, Segitiga Emas, sebutan bagi daerah di Thailand, Myanmar dan Kamboja yang kaya akan opium!

Diantara segitiga-segitiga itu, yang paling meraik adalah digunakannya bentuk segitiga untuk memprediksi keberadaan zarah (partikel) yang dikenal sebagai Omega Minus/ Quark!

Jalan Lipat Delapan (The Eightfold Way)

Jalan lipat delapan digunakan oleh Murray dan Gell-Mann pada bulan Januari 1961  untuk menyebut teorinya tentang upaya penemuan zarah inti yang disebutnya Omega Minus. Kedua Ilmuwan dari Institut Teknologi Kalifornia tersebut mencoba meprediksi bahwa di alam semesta ada zarah/ partikel yang “mestinya” ada karena partikel-partikel yang lain sudah ditemukan. Teori ini mirip dengan teori Yuval Ne’eman yang ditulis di Majalah Nuclear Physics.

Jalan lipat delapan menurut Gell-Mann diperoleh dari kedelapan bilangan kuantum dalam fisika inti yang mirip-mirip dengan peraturan Budha Kuno tentang hidup suci. Secara sederhana teori ini memprediksi keberadaan partikel Omega Minus yang harus berada di Puncak Segitiga (Puncak Limas) lantaran saudara-saudaranya (partikel-partikel lain) sudah ditemukan dan terletak tepat di bawahnya. Penyusunan zarah-zarah tersebut adalah menurut besar massa intinya, dimana massa yang lebih ringan ada di posisi di bawahnya

                                  Omega Minus (diprediksi !)

                Kappa

      Sigma

Delta

2 responses to this post.

  1. Ikut nglink blog bpk d artikel saya y! Terima kasih sebelumnya…

    Balas

  2. mampir balik nih. salam kenal juga…. tadinya saya juga jago blog panjenengan + nanangsuhita plus tentunya punyaku yang juara 1. tapi telkom berkata lain. selamat atas juara 3 nya. disyukuri aja pak & sukses selalu. sampai ketemu tahun depan

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: