Klaim Asuransi Kehilangan Kendaraan Ternyata Mudah

Honda Supra 125-XD kreditan yang setia menemani ke sekolah usianya hampir 4 tahun alias 48 bulan. Berarti tinggal 5 angsuran lagi lunas! Tiba-tiba terbersit dibenak untuk ganti motor baru. Tanya sana, tanya sini, termasuk ke diler Mokas (Motor Bekas). Supra 125-XD dihargai 8 jutaan. Paling mentok 8,5 juta. Padahal, harga cash-nya dulu 15 jutaan. Akhirnya urung dijual untuk sementara. Sambil menunggu harga pasaran membaik (mana mungkin!!!)

****

Tak dinyana, tak disangka. Saat dipakai istri ke toko swalayan, terjadi musibah. Motor yang diparkir dan dikunci setir raib digondol maling. Geger seisi toko. Sebenarnya, di dalam toko juga nggak lama-lama banget. Kisaran hanya 15 menit. Wong hanya beli gula dan beras. Tapi itulah hebatnya maling motor jaman sekarang. Jangankan 15 menit, dengan kunci T cukup 3 menit saja motor sudah amblas. Apalagi toko swalayan Bebas Parkir. Tanpa petugas parkir. Jadinya gratis. Dan mungkin pula bebas untuk mencuri.. he he he.

Tak membuang waktu, segera lapor ke Kantor Polisi. Menceritakan secara detil kronologinya. Polisi tanya ini itu sambil membuat coretan-coretan. Segera setelahnya, meluncur ke TKP. Wawancara dengan beberapa orang. Akhirnya, balik lagi ke kantor polisi untuk dibuatkan BAP (Berita Acara Pemeriksaan) atau Surat Kehilangan.

Nah, karena ini motor kreditan, tentu ada Asuransinya. Dengan berbekal Surat dari kepolisian segera meluncur ke kantor FIF, leasing yang menjamin kredit. Karena waktunya dibatasi tidak boleh lebih dari 3 x 24 jam! Tidak lama di kantor leasing ini. Cukup menyerahkan surat dari Kepolisian beserta Fotokopi STNK, KTP dan KK. Juga sedikit wawancara, selesai sudah. Oleh pihak FIF dibekali satu bendel instrumen yang akan diisi oleh pihak kepolisian yang harus diserahkan seminggu kemudian. Ya, harus menunggu seminggu karena melihat perkembangan, kata petugas.

Seminggu berlalu, waktunya mengambil Surat dari Kepolisian untuk melengkapi Klaim Asuransi di FIF. Setelah berkas komplet, pihak FIF mengatakan prosesnya menunggu antara 2 minggu sampai satu bulan. Nanti akan dikabari, kata petugas FIF, ramah.

Sebenarnya banyak pihak yang ragu dan meragukan bahwa proses klaim asuransi konon berbelit, mbulet Tapi apa salahnya mencoba. Paling hanya meluangkan waktu sejenak. Nah terbukti, belum genap sebulan, dapat panggilan telepon dari FIF. Klaim Asuransinya sudah cair. “Silahkan datang ke FIF dengan membawa kunci kontak serep ya pak,” petugas FIF mengingatkan.

Setelah diverifikasi sekali lagi, maka segera diberitahu kalau Klaim Asuransi yang disetujui adalah 80% dari harga beli. Jadi terima 12 Juta… wow.. lumayan. Uang diterimakan cash di kasir. Komplet 12 juta rupiah. Tanpa potongan sepeserpun. Bahkan, uang tips, sebagai tanda terima kasih pun ditolak mentah-mentah oleh petugas….ya Alhamdulillah.

Terima utuh 12 juta rupiah. Tapi harus melunasi sisa angsuran selama 5 bulan. Total 2 juta rupiah. Jadi, terima bersih 10 juta rupiah. Padahal, sebelum hilang, kalau dijual harga motor bekas di pasaran hanya 8,5 juta rupiah. Masih untung ternyata. Itulah, musibah yang membawa berkah. Ternyata Klaim Asuransi tidak rumit atau mbulet seperti sangkaan orang. Karena yang saya alami demikian mudahnya. Yang penting sabar! Dan jangan coba-coba “menghilangkan” dengan sengaja motor kreditan, hanya untuk Klaim Asuransi. Dijamin mbulet dan malah ditangkap Polisi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: