Kondang Merak: Indah Pantai Pasir Putihnya, Lezat Kulinernya!

Kondang Merak, pantai indah yang berlokasi di Malang Selatan. Kira-kira 60 Km dari pusat kota Malang. Pasirnya putih, bersih. Namun, lazimnya Pantai Selatan, nggak heran ombaknya sangat tidak bersahabat. Pemandangannya bagus. Banyak karang-karang raksasa yang menahan ganasnya gelombang Samudera Hindia. Abrasinya mampu mengukir dan menghasilkan lekuk-lekuk karang yang menawan.

Tapi, kira-kira pukul 08.00 – 10.00, perlahan, terhampar pemandangan yang sangat eksotis. Saat itulah air laut surut. Air laut berangsur menjauh. Pemandanganpun tergantikan oleh munculnya gugusan karang besar kecil tersebar sepanjang di bibir pantai.

Mau main air, ok. Mencari binatang laut juga mengasyikan. Ada bayi Gurita, Landak Laut, Mentimun Laut, ikan-ikan kecil, bahkan Lobster kecil juga sering dijumpai di sela-sela karang. Saat itu kebetulan tidak bersua ubur-ubur. So… aman-aman saja jadinya. Cocok untuk outdoor pelajaran Biologi. Namun tetap hati-hati melangkah. Ada karang yang tajam!

Sumber: Landak Laut (dok pribadi)

Sumber: Bayi Gurita (dok pribadi)

Nah, setelah lelah berkecipak air atau bermain pasir. Saatnya makan siang. Tinggal menuju pondok makan / warung yang menyediakan ikan segar. Andalannya adalah Ikan Tuna Sirip Kuning. Ada juga ikan Kakatua yang berwarna hijau kebiruan. Mirip warna permen! Mau makan…miris he he he.

Sumber: Mengajak si Kecil mencintai Laut (dok pribadi)

Sumber: Tuna Sirip Kuning. Berat 2 Kg (dok pribadi)

Tuna sirip kuning ini begitu legit. Dagingnya kasat. Cocoknya di sate dan dimakan dengan sambel terasi atau sambel kecap. Harga ikan mentah per kilo sekitar 20-25 ribu. Ikan masih segar. Jangan sampai keliru memilih ikan tangkapan kemarin. Dagingnya hancur kalo di sate! Kalau mau nyate, sebelum ke sini siapkan peralatan komplet. Pisau, air bersih, sambel, kecap, nasi putih dan jangan lupa alat pemanggang dan arangngya. Bakar rame-rame…hmmm asapnya saja sudah mengundang selera! Cocok buat backpacker…….

Kalau gak mau repot, ya langsung pesan aja di warung. Terima matang. Plus sambal dan lalapan, serta nasi putih. Empat orang tidak sampai seratus ribu. Dijamin puas. Tapi ………ada alternatif lain. Bisa dipertimbangkan. Beli ikan segar. Serahkan pada Pak Edi (nelayan setempat) untuk diolah jadi sate yang lezat. Cukup membayar Rp. 20.000 per kilogram ikan. Sudah termasuk nasi putih plus lalapan. Aneka Sambal dan tentu saja Sate Tuna Sirip Kuning yang mak nyus!!!! Bebas kolesterol dan kaya omega 3. Jadi kalo beli ikan 2 kg= 40rb. Plus pengolahan 40 rb (2 Kg). Total ….ya sama juga dengan di warung… 80 ribu.. he he.

Sumber: Tuna Bakar Karya Pak Edi (dok pribadi)

Sumber: Aneka Sambel Karya Pak Edi (dok pribadi)

Rute :

Malang – Gadang – Bululawang – Gondanglegi – Kawasan Pantai Selatan (lurus ke Pantai Balekambang, Belok Kanan ke Pantai Kondang Merak). Jalan lumayan bagus.

Tiket Masuk Rp. 3000. Parkir Rp. 5.000

Laporkan
Tanggapi
Siapa yang menilai tulisan ini?

2
randy setyawan
Menarik
Sitong Sagarmatha
Menarik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: