Mewujudkan City of Mountain

City of Mountain adalah motto pariwisata Kabupaten Pasuruan yang mencoba gambarkan potensi pariwisata Kabupaten Pasuruan yang secara topografis memang bergunung-gunung. Menikmati Sunrise di Pananjakan, kawasan Gunung Bromo, merupakan salah satu andalan pariwisata “gunung” Kab. Pasuruan. Begitu juga destinasi wisata Tretes – Prigen, yang terletak di kaki Gunung Welirang, menghadirkan pemandangan alam pegunungan nan asri.

Sumber: Gunung VWelirang Arjuno

Tapi, dibanding Kediri atau Magetan, Tangkuban Perahu atau Kawah Ijen, potensi wisata “gunung” Kabupaten Pasuruan sangat tertinggal. Tengok saja Wisata Gunung Kelud yang di tahun 2012 menjadi destinasi wisata gunung nomor satu se Jawa yang terbanyak dikunjungi wisatawan. Kuncinya: potensi wisata dikembangkan semaksimal mungkin. Caranya: infrastruktur dibangun. Jalan-jalan dibangun. Jadi lebar dan mulus. Kebersihan oke. Masyarakatnya sadar wisata. Dibangun icon-icon wisata baru. Satu destinasi dengan destinasi lain terhubung dengan akses yang sangat mudah. Jadinya, wisatawan betah berlama-lama. Contoh konkret di Kabupaten Kediri. Selain Tahu Kuning yang sudah jadi trade mark-nya, sekarang Kediri terkenal dengan Monumen Simpang Lima dan Wisata Gunung Kelud-nya.

Sumber: Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul, yang mirip Arch de Triomph, dibangun sebagai icon baru Kabupaten Kediri. Gunung Kelud dipersolek. Jalan-jalan diperlebar. Apalagi proses munculnya magma yang menumbuhkan Anakan Gunung Kelud begitu eksotis. Jadinya Pariwisata Kabupaten Kediri maju pesat.

Sumber: Anakan Gunung Kelud, Kediri

Magetan juga memoles wisata gunungnya. Jalur tembus ditata ulang. Jalan tembus Tawangmangu (Jawa Tengah)- Magetan (Jawa Timur) sekarang lebar dan mulus! Bahkan Tuxuci pun tertarik untuk menaklukkannya. Sayang, remnya blong, he he he he. Tapi di lain pihak… kunjungan wisatawan ke Sarangan Magetan, di Lereng gunung Lawu, naik tajam! Baik dari arah Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Apalagi kalau jalur “tol” Tawangmangu Magetan tuntas. Niscaya, Bus Pariwisata yang besar-besar termasuk Bus Malam akan melewati kawasan ini. Pastinya pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kabupaten Magetan akan mencapai puncak!

Banyuwangi tak mau ketinggalan. Bupatinya langsung memimpin pengembangan wisata gunungnya. Jalur ke kawah Ijen diperbaiki. Sekarang lalu lalang mobil motor ke Paltuding tak pernah sepi!

Bagaimana Kabupaten Pasuruan. Tentu saja banyak yang perlu dibenahi. Akses ke Gunung Bromo sering terkendala jalan rusak. Lobang sana-sini dan aspal kualitas rendah. Wisatawan tidak nyaman berkendara. Namun, sebenarnya ada destinasi baru yang patut jadi pemikiran. Mengembangkan kawasan penambangan Belerang di Gunung Welirang sebagai kawasan wisata gunung yang baru. Caranya: membangun infrastruktur jalan menuju arah puncak gunung Welirang yang jauhnya sekitar 8 Km dari Tretes – Prigen.

Sumber: Kawah Gunung Welirang

Sumber: Jeep Pengngkut Belerang di G. Welirang

Saat ini jalan naik sudah ada. Hanya khusus untuk Jeep pengangkut Belerang. Seandainya ada keinginan yang samadan kuat, antara Pemerintah Daerah dan Perhutani dan Tahura untuk mengembangkan potensi wisata ini, hmmm… motto City of Mountain benar-benar akan menjadi kenyataan. Bisa jadi, kawasan Gunung Welirang akan seperti Tangkuban Perahu, Kawah Ijen atau Kawah Ciwidey. So.. mo foto pre- weed.. di Gunung Welirang,pasti amazing!!!!!Semoga.

Sumber: Kawah Belerang Gunung Welirang

Garuda Indonesia

Thanks To : Jauhar, Godho dkk

3 responses to this post.

  1. Posted by Ika mei on 30 Mei 2013 at 6:58 pm

    Mau tnya, Jl. Dieng Palembon prigen itu dimana y? Apany kakek bodo?
    Thanks before

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: