Tuk Bimo Lukar

Kalau Anda bukan orang Jawa Tengah, pastilah sebutan Tuk Bimo Lukar merupakan nama yang aneh. Asing di telinga. Sebutan ini muncul saat saya membaca peta wisata Dataran Tinggi Dieng yang dipampang di papan informasi kompleks Candi Arjuna, Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Ternyata, Tuk Bimo Lukar adalah sumber air. Yach, Tuk = Mata Air. Mata air ini keluar kaki Gunung Prahu dan mengalir menjadi Kali (sungai) Serayu. Sungai besar yang meliuk-meliuk di daratan Jawa Tengah.

Tuk Bimo Lukar dipercaya sebagai mata air suci bagi umat Hindu kuno di Dataran Tinggi Dieng. Pancurannya terbuat dari batu purba di simbolkan dengan batu lingga. Menurut legenda, nama Bimo Lukar, dimaksudkan sebagai tempat dimana sang Bhima Sena melukar (melepas) pakaiannya untuk disucikan. Air dari Bimo Lukar ini diyakini dapat menjadikan awet muda. Jadi apabila ke Dieng jangan lupa cuci muka/ mandi di lokasi mata air tersebut. Dijamin, setelah cuci muka, wajah akan berseri seri. Airnya .. mak nyusss… Adem dan Segerrr. Maklum, sebagai dataran tinggi (2093 mdpl), suhu siang hari rata2 15 derajat. Malam Hari turun jadi 10 derajat. Bulan Juli – Agustus… drop sampai 0 (nol) derajat… Lokasinya mudah dijumpai. Tepat di pinggir Ruas Jalan Wonosobo – Dieng. Persis di pintu masuk Kawasan Wisata Dieng.

Sungai Serayu sendiri panjangnya 3179 meter. Mengalir melintasi Jawa Tengah bagian Selatan meliputi Wonosobo, Purbalingga, banyumas dan bermuara di Cilacap.

Nama Dieng sendiri menurut salah satu versi berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu di yang berarti “tempat yang tinggi” atau “gunung”, dan hyang dari kata khayangan yang artinya tempat para dewa-dewi. Maka Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa-dewi bersemayam. Menurut versi lain, nama Dieng berasal dari bahasa Jawa; yaitu adi yang berarti indah, dan aeng yang berarti aneh. Jadi, Dieng berarti tempat yang indah dan penuh dengan keanehan. Dieng memang mempesona

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: