Berhenti Merokok, Sekarang Juga!

1369658633303525621

Walaupun sulit,  ternyata masih ada peluang menghentikan kebiasaan merokok pada pelajar.   Caranya,   telaten melalui  pendekatan persuasif , sesekali  represif,  maka pelajar yang mempunyai kebiasaan merokok  jumlahnya akan berkurang. Paling tidak kebiasaan ini tidak menyebar dan lebih mendarah daging.

Kampanye Anti Rokok

Salah Satu cara kampanye Anti Rokok ala pelajar adalah membuat mading bertema rokok.  Siswa diajak untuk menciptakan sebuah Mading 3 Dimensi dengan Tema Humor yang salah satunya mengangkat tentang dampak rokok. Baik bagi kesehatan maupun kerugian ekonomi yang akan diderita bila terus menerus merokok. Nah, hasilnya adalah rokok dari styrofoam dengan merek:  BENTO (Kebanyakan merokok membikin Bento, he he he ), MARAIBOROS (Merokok membuat kantong kering .  MALIOBORO , kalau yang ini maksudnya daripada duit habis untuk beli rokok lebih baik ditabung buat rekreasi ke Malioboro…..

1369658664251418383

Hukuman Bagi Perokok

Jaman dulu, bila seorang siswa merokok saat jam sekolah, maka hukumannya adalah diberi Rokok dan diminta menghisap rokok sampai habis. Ternyata, hal tersebut tidak mendidik malah  sangat merugikan kesehatan. Bahkan, untuk anak-anak tertentu malah dinikmati. Lumayan, dapat Rokok Gratis dari Pak Guru! Nah, ada baiknya dicoba dengan cara baru agar anak malu kalau ketahuan merokok. Caranya dibuatkan Rokok Raksasa dari Styrofoam yang harus dibawa oleh siswa yang melanggar selama dia berada di sekolah. .Sebenarnya tidak hanya membuat siswa malu tapi juga mengajak siswa yang bersangkutan dan siswa lain untuk lebih sadar bahwa merokok hanya mendatangkan kerugian.  Tidak ada keuntungannya sama sekali jadi perokok,

13696588511385960901

Razia Rutin

Saku dan Tas Sekolah bukan tempat aman untuk menyimpan rokok. Dimana biasanya pelajar menyimpan rokok? Di Jok Sepeda. Agaknya razia rutin di sekolah (di kelas, kolong meja, saku baju, saku celana, tas dll) termasuk Jok Sepeda perlu dilaksanakan secara periodik untuk meminimalkan kebisaan merokok pada pelajar.  Tapi, susahnya kalau pelajar merokok di angkutan umum, atau di warung-warung kecil di luar sekolah. Ini yang sulit dirazia.

Guru Tidak Merokok

Satu teladan, lebih baik daripada seribu nasehat. Percuma kalau di sekolah banyak himbauan. slogan/ larangan yang intinya melarang merokok di lingkungan sekolah, kalau ujung-ujungnya larangan itu hanya ditujukan pada siswa. Seyogyanya, bila guru menghendaki muridnya tidak merokok, maka sudah sepatutnya kalau guru pun tidak merokok. Kalaupun guru sudah terlanjur jadi perokok ya diusahakan berhenti merokok. Minimal tidak merokok di sekolah. Jadi,  wahai para guru Berhenti Merokok, Sekarang Juga. Sanggup!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: