Mengintip Eksotisnya Kawah Dieng

136894117118349801

Kawah Sikidang nan menawan (dok pribadi)

 

Setelah menikmati eksotisnya Telaga Warna, kami lanjutkan perjalanan menuju Dieng Theater Plateau (DTP) dan Kawah Sikidang.Dieng  sebenarnya merupakan kaldera luas dengan aktivitas vulkanik di bawah permukaannya. Tak heran, di sudut-sudut dataran Dieng terdapat kawah-kawah aktif yang menunjukkan ada gelora aktifitas magma di bawahnya. Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah aktif  yang dijadikan sebagai objek wisata. Kawah lain dilarang keras untuk didekati karena berpotensi mengeluarkan gas beracun. Kita tentu ingat tragedi Sinila!

Memasuki kawasan Sikidang serasa memasuki dunia baru. Dari kejauhan  tampak pemandangan bukit kecoklatan diapit warna kehijauan.Asap mengepul berarak mengikuti kemana angin bergerak. Saat kaki akan melangkah, menginjak jalan setapak menuju kawah,  Anda akan disambut anak-anak kecil penjaja Masker. Jangan lupa, bau Belerang sangat busuk menyengat. Kalau tidak biasa bisa sesak dan muntah. Jadi, masker adalah pilihan tepat untuk melindungi saluran pernafasan Anda.

1368941203570834475

Jalur menuju kawah Sikidang (dok pribadi)

136894122848511116

Aktivitas vulkanik dengan asap Belerang yang pekat di kawah Sikidang (dok pribadi)

Selain jalan kaki, menyusuri jalan menuju Kawah Sikidang ada beberapa pilihan. Naik kuda atau sewa Motor Trail. Saran saya, jalan kaki saja. Nikmati sensasinya,  Berjalan-jalan di atas periuk bumi magma raksasa Dieng sangat mengasyikkan. Banyak semburan gas-gas belerang dari lubang kecil dijumpai sepanjang perjalanan. Ada air yang ikut keluar dari lubang-lubang  itu.Tentu panas airnya.

Tak sampai seperempat jam sampai di dekat kawah. Kawah Sikidang ada di sebuah gundukan bukit kecil. Saat mendekati kawah sebaiknya perhatikan arah angin. Dekati kawah dengan mengikuti arah angin sehingga Anda tidak terjebak dengan Gas Belerang yang baunya busuk menyengat. Di kawasan ini dilarang keras menyalakan api. Termasuk merokok. Sangat berbahaya!

Saat berdiri di pinggir kawah Anda dapat melihat gelegak lumpur panas yang mendapat dorongan dan kiriman energi dari perut bumi. Di atas lumpur panas yang bergolak, asap belerang yang pekat bertiup kesana kemari.  Ingat, saat itu Anda sedang berdiri di atas  magma  yang mendidih di bawah sana.Jangan. berdiri melebihi pagar batas yang sudah ada. Gelegak lumpur panas ini mengingatkan pada Lumpur Lapindo di Sidoarjo. Bedanya, bau khas Belerang di Sikidang sangat menyengat! Sama seperti bau Belerang di Gunung Welirang  Pasuruan dan Gunung Ijen Banyuwangi. Secara alami, gelegak dari perut bumi itu pun sewaktu-sewaktu pindah tempat sesuai keinginannya.

1368941282857927215

Gelegak lumpur panas yang sering pindah tempat (dok pribadi)

1368941305325021843

Sendiri….. di Sikidang (dok pribadi)

Dieng Plateau Theater

Saat ke Dieng, jangan sampai melewatkan mengunjungi Dieng Plateau Theater (DPT). Saya melihat, banyak wisatawan yang ogah mengunjungi (DPT). Entah  karena letaknya agak terpencil. Atau memang tidak tahu apa sebenarnya DPT itu. DPT beridiri di pinggang bukit Sikendil. Bisa ditempuh dengan naik tangga dari kawasan pertigaan pertama Telaga Warna. Tapi sebaiknya bawa kendaraan saja. Dari tempat parkir Telaga Warna,  susuri jalan aspal,  lalu belok kiri naik ke bukit.Dekat sekali.

13689413341711332655

DPT merupakan gedung Theater Mini  dengan arsitektur menarik. Masuk DPT gratis. Kapasitas tempat duduk 100 orang. Setelah semua pengunjung masuk dan duduk manis. Maka lampu dimatikan. Lalu, di layar lebar akan terputar pesona Dieng secara Audio Visual. Tergambar secara artistik dan menarik keberadaan Dieng. Dikupas tuntas dari aspek sejarah,  Geologi, masyarakat dan pariwisatanya. Durasinya tak lama. Hanya 23 menit saja. Sekali lagi, jangan lewatkan ke DPT saat Anda ke Dieng.

1368941376352336232

Jalur menuju Dieng (dok DPT)

Nah sebelum meinggalkan Dieng jangan lupa oleh-olehnya camilan khas Dieng: Carica dan minuman hangatnya: Purwaceng. Boleh juga bawa teh seduh produksi Tambi dengan trade mark The Higland Tea. Cocok untuk ngompasiana di pagi hari.

1368941414317584008

Akrivitas di Kawah Dieng (dok DPT)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: