Terbuai Eloknya Pantai Balekambang

1369172425130327403

Pantai Berpasir Putih dengan

 

 

Satu lagi,  pantai  elok di  Malang Selatan. Terkenal dengan sebutan Pantai Balekambang. Tak kalah dengan Parangtritis, Indrayanti di Gunung Kidul, Klayar di Pacitan  atau Papuma di Jember. Bahkan, Balekambang lebih unik. Selain hamparan pasir putih dan ombaknya yang bergelora dan membuih, disini ada ”Tanah Lot” yang digunakan untuk ritual agama. Mirip Tanah Lot di Bali. Ketiganya menyatu merajut kenangan di Balekambang.

 

Berangkat setelah subuh, jarak dari rumah ke Malang, sepanjang 45 Km,  ditempuh hanya sejam. Pantai Balekambang masih sekitar 60 kilometer lagi. Menuju malang Selatan.  Karena masih pagi, jalur lumayan sepi. Mula-mula belok masuk Arjosari. Lurus menuju Gadang-Pakisaji-Pasar Gondanglegi. Seiring naiknya mentari, kesibukan mulai muncul di sepanjang perjalanan. Dari Pasar Gondang legi, belok kanan . Ketemu pertigaan dari arah Kepanjen Ambil jalur ke Kiri. Menuju Bantur. Jalanan mulai menyusuri desa-desa Malang Selatan. Tanaman tebu  nampak di kanan kiri jalan, bergantian dengan pohon-pohon Jati yang rindang.

 

1369172461745380277

Garis Pantai nan Panjang (dok pribadi)

 

13691724961940430682

Tua Muda anak-anak….. suka dengan pantai (dok pribadi)

 

Akhirnya masuk Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.. Mengikuti satu jalur yang lumayan lebar. Ada beberapa titik jalan yang   berlubang. Kemudian tiba di kawasan Hutan Jati.Pohonnya lumayan tinggi. Daunnya hijau kekuningan.Diameternya rata-rata antara 30-40 cm. Belum layak tebang.. Tanahnya keras dan bercadas. Khas pantai selatan. Udara sekitar mulai panas.

 

Di  jalan menurun, berpapasan dengan Truk penuh anak muda. Bahkan ada yang duduk di atas kepala Truk. Musik Dangdut memekakkan telinga terdengar keras dari bak belakang Truk yang melaju. Mungkin mereka selesai ”hajatan” di pantai he he he. Akhirnya, ketemu perempatan. Ada jalan baru yang lebar. Sepertinya  termasuk garapan Jalur  Lintas Selatan (JLS). Ke Kanan ke arah Pantai Kondang Merak. Lurus ke Pantai Balekambang Berarti pantainya sudah dekat.

 

Perjalanan hampir 3,5 jam tuntas di pelataran pantai. Karena  hari libur, pengunjung melimpah. Parkir mobil dan motor penuh. Pengunjung menyebar ke setiap tempat yang lapang. Ada beberapa yang asyik mencicipi makanan di kedai dan menggelar tikar. Lainnya bermain di pantai dan jalan-jalan. Di sudut-sudut ada satu dua Truk yang juga membunyikan Musik Dangdut yang menghentak-hentak. Hmmm…. sayang sekali. Mestinya .lebih asyik mendengarkan suara alam..Alunan ombak dan desau angin laut.

 

Dan memang, Balekambang  menakjubkan. Garis pantainya panjang. Pantainya landai. Pasirnya putih. Ada karang-karang di beberapa titik. Ombak bergelombang-gelombang datang. dari kejauhan. Tak perlu buang waktu,  saya dan keluarga segera  melangkah menuju pantai.  Ikut beramai-ramai mencicipi pasir dan ombak di Balekambang. Pengunjung lain pun nampak sangat menikmati pemandangan elok di Balekambang ini.

 

1369172540624335371

 

Setelah berjalan menyusuri pantai, akhirnya tiba di  ujung.. Ada tiga  karang besar (pulau kecil) berjajar dan terpisah dari pantai. Kata petugas, nama karang-karang  itu adalah Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Uniknya, ada jembatan penghubung antara Pulau Ismoyo dengan pantai.  Di lokasi ini jumlah pengunjung makin berlipat. Ada yang main layang-layang. Duduk-duduk di pantai. Tampaknya, tempat ini sangat cocok untuk anak-anak. Mereka berkejaran, bermain pasir dan mandi pantai yang jernih. Sangat riang gembira  tanpa problema.

 

1369172712691831907

Menyeberang ke Pulau Ismoyo (dok pribadi)

 

1369172606428229547

Tanah Lot-nya Balekambang (dok pribadi)

 

1369172562838296066

 

Agak berdesak-desakan, akhirnya saya dan keluarga melintas juga di atas jembatan menuju Pulau Ismoyo. Ada sebuah pura kecil bernama Pura Ismoyo. Diresmikan kamis pahing, 17 Oktober 1985. Dari Pulau Ismoyo pemandangan Pantai Balekambang makin eksotis. Garis pantainya memanjang  dengan pasir putihnya yang menawan.. Walau udara panas tak menghalangi untuk berlama-lama sambil jeprat-jepret sesuka hati.dari Kawasan dekat Pulau Ismoyo ini ada Jembatan Panjang yang bisa dilalui menuju Pantai Kondang Merak.

 

Sampah Berserakan

 

Tak salah kalau Pantai Balekambang dijadikan wisata pantai andalan Kabupaten Malang. Namun sayang, tak seperti pantai lain yang pernah saya kunjungi, di beberapa titik di Balekambang sangat kotor. Sampah berserak dimana-mana. Ini beberapa waktu lalu. Hmm. Sungguh berbeda dengan pengelolaan panti-pantai di Bali. Di sana relatif lebih bersih. Padahal ini lho ”Tanah Lot”-nya Malang Selatan! Agaknya, perlu keseriusan pengelola dan pemerintah dalam mengatasi sampah, Tak kalah pentingnya adalah sikap masyarakat yang juga ambil bagian dalam wisata Pantai Balekambang. Tidak sekedar mengais rupiah tanpa peduli. Mereka juga harus menata diri dan hati.  Lebih peduli dan menyadari bahwa hidup dan kehidupannya sehari-hari sangat tergantung .dan merupakan bagian dari pantai itu sendiri.

 

13691726651724047469

 

13691726851889399109

View dari Pulau Ismoyo (dok pribadi)

13691728141364118921

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: