Relief Cerita Panji Tertua Terancam Musnah!

13675897851484349584

Lokasi Candi Miri Gambar, sepi nan asri (dok pribadi)

 

Satu lagi, cagar budaya dengan nilai sejarah tinggi  akan musnah jika tidak segera diselamatkan. Candi Miri Gambar yang di dindingnya terdapat relief cerita Panji kondisinya benar-benar memprihatinkan. Mirip reruntuhan atau tumpukan batu. Candi yang terletak di Desa Miri Gambar, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung ini kalau tidak segera diselamatkan, maka keberadaannya akan segera berakhir. Mungkin nanti hanya tinggal cerita dari mulut ke mulut saja kalau di Miri Gambar pernah ada candi dengan Relief Cerita Panji.

Candi Miri Gambar berlokasi di desa yang sepi. Terletak di pojok sebuah lapangan bola. Dikelilingi pagar kawat berduri yang berkarat. Ada pintu masuk dari bambu. Di samping kiri kanan dan belakang candi ada pohon-pohon besar menaunginya. Di  dekat candi ada makam penduduk..

1367589830747608998

Kondisi Candi Miri Gambar yang butuh uluran tangan (dok pribadi)

Secara fisik, candi yang menghadap ke Selatan ini tersisa Teras I dan sedikit Teras II. Atap candi sudah tidak tersisa. Mungkin juga tidak ada atapnya, kalau candi ini dikelompokkan dalam golongan Candi Batur. Di tengah Teras I  terdapat tangga naik menuju Teras II. Di candi ini tersisa  3  panil relief.  Di kiri dan kanan tangga naik ada relief  “seorang laki-laki” tegap dan perkasa. Lumayan, masih bisa direka-reka bentuknya. Sedang di bagian depan Barat ada panil relief  yang isinya menggambarkan keberadaan 4 orang . Seorang pria memakai topi Tekes. Kemudian ada 2 wanita . Sedang di kiri ada seorang gemuk.

 

13675898471024428642

Relief 4 tokoh bagian dari Cerita Panji, Cerita Asli Indonesia (dok pribadi)

 

13675898651792644820

Relief seseorng tegap, gagah, mengapit tangga naik ke teras II (dok pribadi)

 

Berdasarkan kajian Dr. Agus Aris Munandar, relief di Candi Miri Gambar itu termasuk relief cerita Panji. Namun, entah bagian yang mana dari cerita Panji-nya. Berdasarkan catatan-catatan arkeolog Belanda, di sekitar Candi Miri Gambar pernah ditemukan prasasti tembaga yang menyebut Wikramawardana, raja Majapahit, pengganti Hayam Wuruk. Selain itu dulu juga ditemukan balok-balok batu berangka tahun 1321 S atau 1339 M. Dari sini diperkirakan bahwa Candi Miri Gambar dibangun sekitar tahun 1399 M dan dianggap mempunyai relief cerita Panji tertua.

Cerita Panji merupakan salah satu relief yang banyak menghiasi  situs-situs candi. Bisa dijumpai antara lain di Candi Miri Gambar dan Candi Kendalisodo (Gunung Penanggungan). Secara garis besar Cerita Panji menguraikan panjang lebar tentang penggembaraan Raden Panji Inu Kertapati ke segenap pelosok negeri mencari jejak Dewi Sekartaji yang pergi tanpa meninggalkan pesan. Dalam penggembaraannya Raden Panji bertemu dengan Anggraeni yang tak  kalah jelitanya. Terjadi cinta segitiga. Begitu seterusnya. Umumnya relief cerita di sebuah candi tidak dipahatkan seluruhnya, hanya poin-poin cerita dan ciri-ciri pelaku saja yang dipahatkan.

Perlu diketahui, relief cerita Panji bersumber dari kejadian yang ada di  jaman Majapahit. Cerita itu asli dalam negeri. Bukan berasal dari kitab agama atau impor dari India. Jadi, sungguh sayang, bila pada akhirnya salah satu relief  Panji itu benar-benar musnah. Pergi tanpa pesan seperti kepergian Sekartaji meninggalkan sang Panji. Kalau sudah hilang, musnah, kemana cari gantinya ?? Miris!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: