Beberapa Hal Baru dalam Ujian Nasional 2013

Ujian Nasional sudah di ambang pintu. Waktu akan mengalir cepat sampai tiba di hari H. Mencermati POS (Prosedur Operasional Standar) UN maupun Pedoman Teknis UN serta info terakhir dari Kemendikbud, ada beberapa hal baru yang diberlakukan dalam UN 2013.
1. UN SMA tahun 2013 dimulai pukul 07.30. Jangan telat. Tahun lalu 08.00. Jadi jam 07.00 bel masuk karena pengawas harus jalan dari sekretariat ke ruang ujian. Peserta juga ada waktu khusus untuk isi data dan identitas. Hari pertama mungkin masuk jam lebih pagi lantaran harus membaca tata tertib dlsb.
2.Ada 3 kategori pelanggaran untuk peserta dan pengawas. Peserta tidak boleh pinjam alat tulis atau Nomor Ujian tidak boleh tertinggal di rumah karena ini masuk pelanggaran RINGAN. Sangsinya peringatan tertulis. Bawa HP ke ruang ujian termasuk kategori pelanggaran SEDANG dan Ujiannya bisa dibatalkan. Mencontek termasuk pelanggaran BERAT, sanksi langsung dinyatakan tidak lulus.
3. LJK (Lembar Jawaban Komputer) tidak boleh rusak. Tahun ini SETIAP Satu Soal gandeng Satu LJK. Keduanya dilengkapi Barcode yang sama. Kalau LJK rusak maka LJK tidak bisa diperiksa komputer maka LJK rusak harus ditarik beserta Soalnya. Jadi kalau sudah mengerjakan 25 soal lalu LJK rusak….alamat dah. Karena harus ganti soal sekaligus LJK yang baru. Disarankan peserta menjawab di lembaran soal dan tidak buru-buru mengarsir jawaban di LJK. Bila jawaban sudah dipastikan benar baru jawaban disalin di LJK.
4. Menggunakan 20 macam soal berbeda untuk setiap ruang ujian. Plus 10 macam soal cadangan.
5. LJK yang sudah selesai dibawa oleh dosen Pengawas Satuan Pendidikan ke Sekretariat di Kabupaten/ Kota sekaligus ke tempat pemindaian LJK.
5. Dengan Belajar, Berdoa, Restu Orangtua dan Guru, Insya Allah Lulus.
Selamat menempuh Ujian Nasional.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: