Butuh Kurikulum yang Membumi

Kadang sempat termenung. Melihat kurikulum yang sarat dengan teori. Kurikulum yang pada akhirnya bermuara pada materi pelajaran kadang sangat ndakik-ndakik. Tinggi di atas awan.
Di SMA diajari Biologi. Mereka belajar ARN ADN dan Hukum Mendel. Tapi memilih benih dan merawat tanaman kesulitan. Mencangkok pun tidak paham apalagi praktik pembuatan kompos. Anak-anak lebih sibuk belajar teori.
Fisika SMA kita materinya tak kalah hebat. Anak mengenal hukum Kirchoof. Tapi memperbaiki kabel putus setrika listrik saja kesulitan. Mereka juga kenal gejala elektromagetik. Tapi buat bel listrik sederhana tidak mumpuni. Anak juga tahu fungsi lensa, gambar mikroskop. Tapi alangkah hebatnya bila mereka mampu membuat mikroskop tetes air yang sederhana. Buat roket dari korek api digulung kertas bungkus rokok lebih bermakna dari sekedar menghitung tinggi maksimum roket yang ditembakkan dari sudut sekian dengan kecepatan sekian.
Mereka juga belajar sejarah dunia. Termasuk sejarah nasional agar cinta pemimpin pendahulu. Sayangnya materi sejarah lokal terabaikan. Cagar Budaya di sekitar sering mubazir tak termanfaatkan.
Memang, semua yang dipelajari sangat penting. Tapi akan lebih penting jika pelajaran lebih dekat dengan kebutuhan keseharian. Lebih bermakna dan bermanfaat. Daripada terlalu susah payah menghafal materi yang teoritis sekedar mengejar Ujian Nasional.
Mungkin perlu direnungkan kalau anak-anak perlu materi-materi yang membumi. Materi aplikatif yang dekat dengan keseharian mereka. Bukan sekedar materi-materi yang menggelayut di awang-awang dan sulit dibayangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: