Pecel Tuxuci dan Sate Kelinci, Menu Khas Telaga Sarangan

Malam sangat dingin di Sarangan, Magetan . Selimut tebal tidak mampu menahan dingin yang menusuk-nusuk. Tembus sampai kulit.  Kaos kaki pun harus dipasang.  Sebagai pengantar tidur, nonton TV sejenak. Hotel atau tepatnya Home Stay SETIA BUDI ini lumayan bagus dan murah. Walau tidak di pinggir Telaga, tidak masalah banget.  Dengan Rp. 80 ribu dapat 2 kamar tidur, 4 bed, 2 TV.  Cukup untuk berdelapan. Plus air panas dan 2 Termos Teh Panas.

 

1360425066965395140

Semburat Jingga di Telaga Sarangan

 

Pagi hari di Sarangan, hmmm….. udara segar. Angin bertiup perlahan.  Seperti biasanya, kabut berarak. Ditingkahi embun yang turun perlahan. Basah.   Daun-daun ikut melambai. Mengajak segara beranjak dan olahraga sejenak.  Mengitari Telaga Sarangan, sejauh 3 km. Lumayan berkeringat. Dijamin tidak penat. Lantaran pemandangan yang aduhai.

Apalagi, di tempat finish sudah ditunggu sarapan Pecel Khas Sarangan. Nasinya hangat, sayurnya komplit, bumbunya .. wow.. Tidak terlalu Pedas. Pas! Lauknya Tahu Goreng dan Telor Ceplok.. gak lupa Rempeyek yang tipis2 renyah.. Harganya, tanpa lauk cukup 3000 rupiah. Sambil berseloroh. “Ini Pecel Tuxuci ya Bu!?”  Ibu penjual pecel cuman senyam senyum. Ya, kalau mobil Listrik Pak Dahlan, Ferrari “Tuxuci” Harganya 3 milyar, kalau Pecel Tuxuci ini cukup 3 ribu. Mantab!

Siang hari, Telaga Sarangan juga menawarkan kuliner yang khas. Sate Kelinci. Ada juga sih sate ayam. Harga standar. Rp. 9000 per porsi. Plus lontong, tambah seribu. Semua penjual Sate Keliling kompak. Harga ditulis besar-besar sehingga pembeli tidak tersesat…. Yang khas dari Sate Kelinci ini adalah bumbunya.  Campuran Kacang dan Gula Jawa disangrai.  Disajikan tanpa campuran kecap. Seperti bumbu khas Sate Ponorogo. Warnanya coklat kekuningan. Rasanya,  dijamin lezat. Sangat memanjakan lidah. Apalagi makan di pinggir Telaga.. hmmm…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: